Kue Getuk Camilan Tradisional Manis dan Gurih dari Jawa

By | 9 Mei 2024

Pendahuluan

Kue Getuk adalah salah satu camilan tradisional Indonesia yang populer, terutama di Jawa. Kue ini terbuat dari singkong yang dimasak dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan gula dan santan. Kue Getuk memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, sehingga cocok sebagai camilan atau hidangan penutup.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Kue Getuk, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti singkong, gula pasir, santan, garam, dan daun pandan untuk aroma.

Cara Pembuatan Kue Getuk

  1. Persiapan Singkong: Kupas singkong dan potong kecil-kecil. Rebus singkong hingga lunak, lalu tiriskan dan haluskan.

  2. Pembuatan Adonan: Campur singkong yang sudah halus dengan gula pasir, santan, garam, dan daun pandan yang sudah disimpulkan. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

  3. Pembentukan Kue: Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak goreng. Ratakan permukaannya dan biarkan mengeras.

  4. Pemotongan: Setelah adonan mengeras, potong-potong adonan menjadi bentuk yang diinginkan, seperti persegi atau bulat.

  5. Penyajian: Kue Getuk siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Anda juga bisa menambahkan taburan kelapa parut di atasnya untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih menarik.

Variasi

Kue Getuk dapat divariasikan dengan tambahan bahan lain, seperti kacang tanah sangrai yang dihaluskan atau wijen yang ditaburkan di atasnya. Variasi ini akan menambah citarasa dan tekstur kue Getuk.

Kesimpulan

Kue Getuk adalah camilan tradisional Indonesia yang mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Cocok disajikan sebagai camilan di berbagai acara atau sebagai hidangan penutup. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, Anda bisa mencoba membuat Kue Getuk sendiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *