Menggoyang Lidah dengan Lima Saus Vietnam yang Memukau

By | 13 November 2023

Vietnam, dengan warisan kuliner yang kaya dan unik, menawarkan berbagai saus yang memberikan sentuhan istimewa pada hidangan-hidangan tradisionalnya. Berikut adalah lima saus Vietnam yang patut dicoba dan akan membawa Anda dalam perjalanan rasa yang menggugah selera:

  1. Nuoc Cham: Nuoc Cham adalah saus yang mendominasi dalam masakan Vietnam dan digunakan sebagai saus penyerta atau saus celup. Terbuat dari campuran air, gula, cuka, dan kecap ikan, Nuoc Cham memberikan kombinasi rasa manis, asam, gurih, dan pedas yang sempurna. Cocok untuk hidangan seperti pho, bun cha, atau goi cuon (spring roll).

  2. Ssamjang Vietnam: Ssamjang Vietnam adalah saus kacang yang terkenal dengan rasa kaya dan kacang. Terbuat dari kacang tanah, gula, dan kecap ikan, saus ini sering digunakan sebagai saus penyerta untuk goi cuon atau sebagai bahan tambahan dalam salad dan hidangan sayuran.

  3. Sate Vietnam: Sate Vietnam adalah saus pedas yang terbuat dari cabai, bawang putih, dan kacang tanah. Saus ini memberikan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis. Biasanya disajikan sebagai saus pendamping untuk mi quang, bun bo Hue, atau sate Vietnam yang terkenal.

  4. Mam Nem: Mam Nem adalah saus ikan fermentasi yang umumnya digunakan di wilayah selatan Vietnam. Terbuat dari ikan, gula, air, dan bumbu-bumbu lainnya, saus ini memberikan rasa asin dan beraroma khas. Mam Nem sering dijadikan saus pelengkap untuk banh xeo (krep Vietnam) atau bun rieu (sup tomat dengan bola daging).

  5. Tuong Ot (Saus Cabai Bubuk): Tuong Ot adalah saus cabai bubuk yang memberikan kepedasan dan aroma pedas pada hidangan Vietnam. Terbuat dari cabai kering yang dihaluskan, saus ini digunakan untuk memberikan sentuhan pedas pada mi, pho, atau hidangan panggang.

Dengan keanekaragaman saus yang dimiliki Vietnam, setiap saus mencerminkan kekayaan rempah-rempah dan bahan alami yang digunakan dalam masakan tradisional. Menjelajahi berbagai saus Vietnam akan membawa Anda dalam perjalanan kuliner yang penuh dengan kelezatan dan keunikan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menemukan saus Vietnam favorit Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *